ASA(M)

Manusia dilahirkan dengan rasa yang penuh asa. Semua asa dimulai dengan mencoba. Setelah itu akan segera merasakan bagaimana proses asa tersebut yang bisa jadi rasanya asa(m). dalam membentuk asa, manusia juga dibekali dengan pikiran, dimana disitu terdapat ide yang membentuk cara berpikir untuk meraih asa. Tidak lupa manusia juga diberi bekal moral. Pernah dengar pernyataan, “ sebenarnya semua manusia itu dasarnya baik.” Yang langsung muncul dibenak kita pasti, “ah masa?”. Saya pun begitu dikarenakan kita manusia sudah melihat moral-moral manusia yang tidak baik bahkan dianggap tidak bermoral, tapi saya termasuk yang percaya bahwa semua manusia dilahirkan dengan akhlak yang baik walaupun sayangnya ada beberapa manusia yang dibesarkan atau akhirnya terjerumus pada hal-hal yang tidak baik.
                Hubungan antara Moral dan Asa? Dalam menggapai asa, manusia akan bertemu dengan manusia lain atau berhubungan dengan manusia lain. Manusia lain tersebut bisa bermoral macam-macam. Katakanlah kita bertemu dengan manusia lain yang bermoral tidak baik, pilihannya : ikut atau tidak? Lanjut atau tidak?. Banyak ‘alat’ yang diberikan oleh Sang Pencipta untuk menggapai asa. Lingkungan akan memberikan pengaruhnya pada kita dalam proses merengkuh asa. Ada begitu banyak pilihan, lalu akankah asa yang kita ingin capai akan tercapai?
                Tercapai atau tidaknya sebuah asa akan tergantung pada bagaimana cara kita mendapatkannya dan bagaimana sudut pandang kita terhadap hal-hal yang timbul dalam proses tersebut. Banyak cara yang bisa ditempuh. Anda tinggal memilih saja. Langkah yang diambil tentu akan menentukan hasil yang akan dicapai, namun hal yang tidak kalah pentingnya adalah mempersiapkan diri ketika asa tidak tercapai atau bahasa Inggrisnya tuh ‘prepare for the worst’.
                Seperti yang kamu tahu bahwa memiliki asa sama saja memiliki atau menjadi bagian dari tujuan hidup namun yang tersaji tidaklah selalu manis, ada kala rasa asa yang asa(m) pun menjadi kenyataan. Tidak menjadikan kamu apapun tapi membuat kamu tau, gak semua harus manis J


Comments

Popular Posts