L.O.V.E

Cinta. Apa sih cinta? Cinta itu apa ya? Cinta itu rasanya gimana? Cinta itu kenapa ada? Cinta itu siapanya rangga?

Ketika saya menanyakan tentang 'cinta', saya udah semangat sekali, karena pasti definisi tentang cinta akan bermacam-macam yang muncul. Bahkan dari Longman (2005:441) sendiri memiliki 4 definisi 'cinta':
(1) a strong romantic feeling for someone.
(2) when you care very much about someone, especially a member of your family
(3) someone who you love.
(4) a strong feeling of liking or enjoying something very much.

Bisa dilihat kan, bahwa cinta itu artinya bermacam-macam, universal. Cinta, ditilik dari definisi Longman, terdiri dari beberapa partikel : strong, romantic, feeling, care, like, and enjoy. Saya nggak perlu menjelaskan bagaimana partikel-partikel tersebut bisa disebut cinta. Kamu nggak perlu lagi butuh penjabaran kenapa harus strong, romantic, feeling, care, like, dan enjoy. Cinta itu milik semua. Cinta itu sense of belonging.

Saya punya 11 interviewee kali ini. Mari disimak pendapat mereka :)
(1) " love.. Tears, laughs, and problems are things we can share with parents, best friends, and him. Love is my parents, best friends, and him." ketawan ya interviewee saya kali ini cewek. Satu kosakata lagi yang saya temukan dari dia, yaitu share. Cinta adalah sarana dan media. Tangis, tawa, dan masalah adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dari cinta. Cinta itu ajaib memang, bisa bikin kamu nangis, ketawa, dan bisa bikin kamu bermasalah. Dan cinta bukan hak milik perseorangan, cinta untuk semuanya.

(2) " love is you. Love is us. Love is share, love is listen, love is care, love is smile, love is tender, love is crazy..." cinta itu tugas dan bentuknya banyak. Hampir sama seperti definisi Longman yang intinya cinta itu sense of belonging-nya kuat banget. Cinta itu juga ajaib, bisa bikin kamu gila. Gilanya cinta itu mendebarkan dan memabukkan. Banyak orang yang rela gila demi cinta. Gila hingga membuat kamu buta. Ah cinta...

(3) " love.. Lost on very emotional situation. Love makes every song make sense. Love makes you smile, even cry. Kita seringkali hilang akal ketika jatuh cinta. Segitu dahsyatnya sebuah kata yang menggambarkan perasaan manusia. Sayangnya masih banyak yang salah mengartikan." saya setuju banget kalau dibilang cinta membuat segala hal masuk akal, hingga kadang disalahartikan dan jatuhnya disalahgunakan. Kamu pasti pernah entah mengalami atau tau orang mengatasnamakan cinta untuk suatu hal yang terkadang diluar akal, mungkin saking universalnya cinta sehingga semua terasa benar, walaupun salah... Cin..cin..

(4) " love : letting go of your dream for brighter future. To sacrifice = to love. " ada yang curhat!! Hihihi.. Well, memang cinta jatuhnya tak selalu manis, cinta terkadang harus pahit, kamu kadang harus berkorban, perasaan. Kalau definisi sebelumnya mengatakan bahwa cinta bikin kita hilang akal, nah kali ini cinta mulai menemukan kenyataan. Berkorban bukan berarti terpuruk tak mampu bangun, mungkin saja ini jalan dan awal untuk masa depan yang lebih baik. Saya pingin jitak interviewee yang satu ini (T.T)

(5) " love is something that can make you happy and sad." cinta memang dua sisi mata uang. Menawarkan ironi. Cinta seperti roller coaster, kamu dijungkir balikkan, kebahagiaan yang dalam sekejap dapat berubah menjadi kesedihan atau sebaliknya. Hati-hatilah pada sang cinta..

(6) " love is feeling pleasant. Pleasant to jealous, pleasant to laugh, pleasant to cry, pleasant to argue, and pleasant to show your pretence and discomfort. Dari menghargai hal kecil sampai ketagihan tersakiti." cinta adalah keterbukaan, apa adanya. Kamu diijinkan untuk nunjukin semua perasaan dan pemikiran kamu terhadap cinta yang sedang kamu rasakan. Ini semacem cinta yang demokratis, tapi juga melow karena nagih disakitin. Tapi memang cinta hari gini itu jauh dari 'nurut'.. Kalo masalah nagih disakitin, uhmm.. Coba introspeksi sendiri-sendiri ya, namanya jatuh cinta ya, kadang jatuh aja berasa enak.. Eym!

(7) " love is when you are thinking the one you love." ketawan banget ni orang lagi rindu berat. Tapi memang kan ya, kalo cinta itu yang dikepala hanya dia seorang. Mirip lagunya Evie Tamala, " mau makan teringat padamu.. Mau tidur teringat padamu.. Disemua waktu ku ada padamu, kekasihku.." ketawan kan penulisnya demen dangdut (_ _)" cinta mampu menguasai kamu sebegitu kuatnya, asal jangan membuat kamu segitu galaunya ya..

(8) " ketika kamu percaya tanpa keraguan.. Ketika semua hal fana tak berarti lagi.. Dan ketika anda menjadikannya yang terbaik meski mungkin dia bukan yang terbaik. " cinta menawarkan kepastian. Cinta menawarkan sebuah perjudian paling indah. Masih, cinta menawarkan ironi. Ironi antara percaya tanpa keraguan dan menjadikan seseorang menjadi yang terbaik meskipun mungkin kamu tau, dia bukan yang terbaik. Cinta menawarkan segalanya.. :)

(9) " you can't describe what love is, because love is more than word and feeling." istilah matematika, tak terhingga. Memang tidak ada definisi mana yang pas untuk perasaan yang dinamakan cinta. Cinta bukan sebatas kata ataupun rasa. Cinta ya... Cinta.

(10) " love is what makes people breathe.." aih.. Gak cinta, gak hidup ya bok! Saya setuju aja sih, karena cinta gak melulu disangkut pautin sama hal-hal melow go to the low, tapi cinta juga bisa menjadi senyawa atau energi penghasil semangat, yang diibaratkan menjadi nafas, yang bisa bikin kamu hidup. Cinta bisa bikin kamu semangat kerja, semangat kuliah, semangat hidup, dan semangat mencinta :)

(11) " cinta itu pengorbanan yang tak meminta balasan." cinta memang kudu tulus ikhlas ya bok! Ketika kamu sudah memberi, kamu ya tulus ikhlas memberikannya. Tapi jangan sampai pengorbanan itu terlalu habis-habisan, hingga kau kesakitan, disini, diperasaan.

Cinta adalah sesuatu yang tidak bisa saya pastikan. Saya nggak bisa menemukan definisi yang mendekati kebenaran. Cinta buat saya terlalu universal untuk dikerucutkan. Buat saya, biarkan cinta menjadi universal, luas arti dan jangkauannya. Cukup kamu yang menentukan arti dan jangkauan cinta-mu, lalu menemukan rangga-mu. Selamat mencinta, menjadi yang tercinta, dan mari bercinta :) 

Comments

  1. God I love your last sentence up there! Nice way to end a post! Hahaha. I think love is... a complicated unbelievable stuff. :( *deep sigh*

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts