Do you understand?

Dalam sebuah hubungan, saling pengertian merupakan modal yang penting, karena bagaimanapun juga pada dasarnya manusia diciptakan berpasangan dan hubungan merupakan sarana penyatuan dua pribadi yang berbeda. Perbedaan adalah sesuatu yang wajar dan sesuatu yang selayaknya kita harus hadapi, khususnya dalam sebuah hubungan. Esensi perbedaan yang selayaknya indah, harus dimengerti. Jadi, bisakah kita saling mengerti?

What is Understand?
Menurut kamus Oxford Learner's Thesaurus, kata 'Understand' memiliki padanan kata yang cukup banyak, tapi saya hanya akan mengambil beberapa padanan kata yang sekiranya ada hubungannya dengan sebuah hubungan antara dua manusia. Berikut padanan kata yang saya temukan :

Understand
: to know or realize how or why something happens, how it works or why it is important.
See
: to understand what is happening, what somebody is saying, how something is works or how important something is.
Get
: to understand a joke, what somebody is trying to tell you, or a situation that they are trying to describe.
Follow
: to understand the explanation, a story or the meaning of something.
Grasp
: to come to understand a fact, an idea or how to do something.

Dari beberapa definisi padanan kata 'Understand' diatas, anda bisa melihat bahwa secara tersirat Understand adalah sebuah proses yang berhubungan dengan unsur-unsur something, somebody dan situation. Mengerti untuk sesuatu yang terjadi, pengertian yang dibangun terhadap seseorang dan adanya pengertian pada situasi yang ada. Lalu terdapat unsur 'to' dan unsur 'how' yang menunjukkan bahwa pengertian atau Understand ditujukan untuk sesuatu atau seseorang dan ada usaha bagaimana untuk mencapai sebuah pengertian.

What is Relationship?
Menurut kamus Oxford Learner's Thesaurus, kata Relationship memiliki beberapa padanan kata yang bisa dikaitkan dengan hubungan antara dua manusia. Berikut padanan katanya :

Relationship
: the way in which two people, group or countries behave towards each other or deal with each other.
Partnership
: a relationship between two people, organizations, etc. In which the two work together for a result that is good for both of them.
Tie
: a strong relationship between people or organizations, etc.
Link
: a connection or relationship between two or more people, countries or organizations.
Contact
: an occasion on which you meet or communicate with somebody.

Kata 'Relationship' memiliki beberapa unsur seperti : behave, deal, work together, connection dan communicate yang pada akhirnya berarah ke 'a result that is good for both of them' yang bagi saya dapat diartikan sebagai hasil yang membuat nyaman satu sama lain. Kembali lagi ke unsur-unsur , sebuah hubungan memang tidak pernah jauh dari kelakuan, kesepakatan, bekerjasama, relasi dan berkomunikasi. Unsur-unsur yang sifatnya : WAJIB.

Membangun 'Understanding in a Relationship' bagaimana?
Membangun sebuah Understanding pada sebuah hubungan, pada awalnya anda harus membuat sebuah kesepakatan (deal) dengan pasangan anda. Terdengar seperti bisnis? Menurut saya, percaya atau tidak, understanding mampu tercapai memang diawali dari sebuah kesepakatan. Kesepakatan yang tentu saja hanya dimengerti oleh pasangan kekasih tersebut yang memang sifatnya pribadi dan jika orang lain ikut campur, mungkin saja akan terjadi kesalahpahaman. Dari kesepakatan yang telah dicapai, saya percaya kelak berkelakuan (behave), bentuk kerjasama (work together), relasi (connection) dan berkomunikasi  (communicate)  akan berjalan seiring sejalan dengan kesepakatan yang telah tercapai. Bagi saya, kesepakatan di awal itu adalah landasan untuk segala unsur lain yang ada dalam sebuah hubungan.
Dengan unsur-unsur yang telah mantap tersebut, proses untuk saling mengerti akan berjalan. Masalah kelak akan mulus atau tidak proses saling pengertian tersebut, itu tergantung bagaimana unsur-unsur Relationship diatas berjalan, karena memang sebuah hubungan sangat kental dengan unsur emosi atau perasaan. Terkadang kita mampu mengontrol gejolak yang ada dalam proses untuk saling mengerti atau  malah 'losing control' dalam proses tersebut. Ini semua tergantung pada individu yang menjalankan hubungan tersebut, dan dalam mencapai sebuah hasil yang dimaknai dengan kalimat, " a result that is good for both of them. " :) 

Comments

Popular Posts