GLORIA ALLRED

 

Gloria Allred adalah pengacara dari Amerika yang berfokus pada isu-isu hak perempuan. Dia menangani kasus pelecehan seksual besar seperti kasus Bill Cosby dan kasus Harvey Weinstein. Gloria sudah memulai pergerakan yaitu kepedulian terhadap isu-isu perempuan sekitar tahun 1970-an. Sembari menulis ini, saya sedang menonton documenter beliau di Netflix.

Kenapa perempuan harus dibela? Kenapa perempuan harus diperjuangkan hak-haknya?

Perempuan dianggap manusia kelas dua. Perempuan dianggap tidak begitu kuat. Awalnya saya pikir mungkin ada benarnya bahwa perempuan memang seperti itu, namun seiring berjalannya waktu, kuat tidaknya seorang perempuan tergantung pilihan dari perempuan tersebut. Gloria Allred menunjukkan hal tersebut di dalam documenter nya yang membuat saya berpikir bahwa perempuan memang harus kuat, karena dunia menuntut perempuan untuk menjadi seperti itu. Perempuan lahir ke dunia sudah membawa beban tersendiri. Di satu sisi, perempuan diharapkan untuk menjadi sosok yang rupawan, pintar dan menarik. Namun pada sisi lainnya, perempuan diharapkan untuk patuh atas apa yang telah diputuskan baginya dan hal tersebut seperti standar ganda yang cukup melelahkan. Dengan mengetahui hak-hak dasar perempuan dan perempuan memang patut dibela, adalah bentuk ‘empowering’ bagi diri sendiri.

Apakah saya termasuk perempuan yang kuat?

Saya tidak bisa menilai diri saya sendiri karena terlalu subjektif. Namun yang perlu saya katakan bahwa saya tidak akan mampu bertahan sampai dengan saat ini bila saya bukan perempuan yang kuat, karena saya sadar bahwa saya tidak bisa menggantungkan nasib dan hidup saya pada orang lain melainkan bergantung pada diri saya sendiri. Tentu tidak selalu kuat, saya pun ada masanya sedih dan butuh bantuan orang lain. Darimana asal kekuatan tersebut? Tentu tidak datang dengan sendirinya, karena saya harus mengasah kemampuan tersebut dengan melalui beberapa masalah dan tahapan dalam hidup yang membuat saya pada akhirnya menyadari bahwa kekuatan tersebut ada dalam diri saya, tinggal bagaimana saya mampu mengeluarkannya dan mengolahnya bagi diri saya sendiri. Bagaimana dengan peran keluarga, sahabat dan orang terdekat? Tentu peran mereka tidak bisa saya kesampingkan, karena menjadi perempuan yang kuat bukan berarti menjadi perempuan yang tidak membutuhkan orang lain.

 

Perempuan yang kuat juga membutuhkan ‘Support System’.

Itulah makna keluarga, orang terdekat dan sahabat-sahabat saya. Bagi saya, menjadi perempuan yang kuat adalah keharusan, namun menjadi makhluk social adalah hakikat seorang manusia. Gloria Allred sebagai sosok perempuan yang luar biasa pun tetap membutuhkan dukungan dari pasangannya dan anak perempuannya yang juga tumbuh menjadi seorang pengacara yaitu Lisa Brown. Walaupun sekarang Gloria memilih untuk tidak menikah lagi dan focus pada pekerjaannya. Itulah perempuan dengan pilihan hidupnya. Tidak mungkin kita berjuang sendiri. 

Apa makna perjuangan Gloria Allred?

Percaya atau tidak, hak-hak perempuan dan hak-hak dasar manusia lainnya yang kita nikmati sekarang, sedikit banyak adalah hasil dari kegigihan yang ditunjukkan oleh Gloria Allred. Bagaimana merubah pandangan bahwa perempuan memiliki hak yang sama dengan pria dalam pekerjaan dan beberapa aspek dalam kehidupan sehari-hari yang pada awalnya terjadi di Amerika Serikat, juga mampu sampai di negara kita. Selain itu, perjuangan Gloria yang mengadvokasi perempuan-perempuan yang menjadi korban kekerasan seksual, tentu membuat saya pribadi dan sebaiknya kita sebagai perempuan juga memiliki kesadaran bahwa kita berharga dan selayaknya negara juga melakukan hal yang sama terhadap kita. Perjuangan RUU-PKS yang pada akhirnya dalam perjalanan menuju pengesahan adalah kabar baik bagi perempuan Indonesia.  

Comments

Popular Posts